Dinas Pertanian : Kecil Kemungkinan Penyelewengan Pupuk di Kepahiang

SemarakPost.com | Kepahiang Fenomena lonjakan harga pupuk di Kabupaten Kepahiang dikeluhkan petani. Meski demikian, Dinas Pertanian setempat memandang kenaikan harga pupuk hanya terjadi pada pupuk non subsidi.

Mereka juga mengklaim tidak ada masalah pada pupuk subsidi, karena sudah ada ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET). Bahkan tidak terserap maksimal. Itu artinya pupuk subsidi tersedia banyak dipasaran.

Hernawan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Hernawan, disampingi Kabid Tanaman Pangan, Eraman, berkeyakinan tidak ada penyelewengan pupuk di Kepahiang.

“Kalau yang (pupuk,red) non subsidi tidak kita monitor. Tapi untuk penyelewengan pupuk bersubsidi kecil kemungkinan karena Kepahiang minim lahan perkebunan. Kalau perkebunan teh itu mereka bikin sendiri pupuknya. Selain itu petani sudah pakai kartu tani yang terdaftar di RDKK,” kata Hernawan.

Dijelaskan, ada 6 jenis pupuk yang disubsidi dari pemerintah. Yakni pupuk urea HET Rp. 250/kg, pupuk SP 36 Rp. 2.400/Kg, pupuk ZA Rp. 1700/kg, pupuk NPK Ponska Rp. 2300/kg, pupuk organik granul Rp. 800/kg dan pupuk organik cair Rp. 20.000/liter,

“Untuk pupuk bersubsidi kita monitor, tidak boleh jual diatas HET. Kalau ada yang jual diatas HET, dilaporkan bisa kena. Makanya sekarang ini dari 8 Kecamatan tinggal 5 Kecamatan yang ada kios pupuk, yakni Kecamatan Merigi, Ujan Mas, Tebat Karai, Kabawetan dan Bermani lir,” jelas Hernawan.

Menurutnya, kebutuhan pupuk bersubsidi Kabupaten Kepahiang sesuai dengan Kebutuhan. Biasa alokasi sekitar 30 persen dari yang kita usulkan ke Kementerian Pertanian melalui aplikasi e-RDKK.

“Tapi sekarang ada kenaikan 10 persen. Dari usulan kita yang diakomodir 40 persen saja oleh Kementerian,” terangnya.

Disebutkan, ada 3 distributor yang memasok pupuk di Kepahiang. Yakni distributor PPI, Dohar dan SIBA. Distributor Siba khusus pupuk urea, Distributor PPI khusus pupuk NPK, ZA, SP organik, dan distributor Dohar juga pupuk NPK, ZA dan SP Organik.

Sedangkan untuk wilayah pemasaran, Distributor Siba mencakup 8 Kecamatan se-Kabupaten Kepahiang, Dohar 4 Kecamatan yakni Merigi, Ujan Mas, Tebat Karai, Muara Kemumu. Sedangkan distributor PPI untuk wilayah Kecamatan Kepahiang, Seberang Musi, Bermani Ilir dan Kabawetan. Demikian.(ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *