Kunjungan TP PKK Pusat ke Kampung Tematik Desa Air Sempiang

0
559 Kali dibaca

SemarakPost.Com | Kepahiang – TP-PKK Pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Bidang III PKK Pusat Ny. Aidariah bersama rombongan mengunjungi kampung tematik Pemanfaatan pekarangan berciri khas (Peracik) PKK desa Air Sempiang kabupaten Kepahiang. Senin (26/09/2022) pukul 16.00 wib.

Kedatangan rombongan disambut oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, Wakil Bupati H Zurdi Nata, Sekda Kepahiang Dr. Hartono, Ketua TP-PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Muhafilah, kepala OPD serta Camat dan kades dalam wilayah kecamatan Kabawetan.

Disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Muhafilah Ketersediaan bahan pangan dalam jumlah yang cukup dan berjangka waktu panjang menjadi prioritas. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk melakukan budidaya tanaman pangan, disamping mempercantik dan membuat nyaman lingkungan, juga dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga.

“Tim Penggerak PKK Desa Air Sempiang telah membuktikan bahwa pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam apotik hidup serta budidaya tanaman pangan. PKK Kabupaten juga mendorong untuk selalu kreatif dan produktif menghasilkan sesuatu yang bernilai jual dan dapat membantu menambah pendapatan keluarga, kesejahteraan keluarga, dan ketersediaan pangan bahan baku lokal,” ungkap Ny. Efie.

Hal senada disampaikan ketua bidang III TP PKK Pusat Ny. Aidariah menyampaikan selain untuk kebutuhan keluarga, diharapkan dengan pemanfaatan pekarangan rumah dapat menjadi nilai tambah yang bernilai ekonomis untuk menunjang kebutuhan keluarga.

“Kita juga berharap dengan pemanfaatan lahan pekarangan ini dapat menambah penghasilan bagi warga. Peran dari pemerintah daerah dan desa juga menjadi faktor penting dalam keberlangsungan kegiatan ini. Diharapkan juga program ini bukan hanya di desa ini saja, tapi dapat menular ke desa-desa yang lain,” harap Aidariah.

Sementara itu, Bupati Kepahiang menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah sudah melakukan kerjasama yang baik dengan TP-PKK Kabupaten Kepahiang. Kerjasama ini dalam rangka mendukung 10 program pokok PKK.

“OPD-OPD kita sudah bekerjasama dengan PKK sesuai dengan bidang/kelompo kerja PKK. OPD terkait diharapkan dapat mensukseskan 10 program pokok PKK yang bermuara ke kesejahteraan masyarakat kabupaten Kepahiang,” singkat Bupati.

Acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari TP-PKK Pusat kepada TP-PKK Desa Air Sempiang berupa bibit tanaman dan penunjang pemanfaatan pekarangan lainnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here