Soal Realisasi Anggaran dan Pelayanan Pendidikan, Komisi 1 Gelar Hearing bersama Dikbud Kepahiang

0
73 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang – Komisi 1 DPRD Kabupaten Kepahiang menggelar Rapat Dengar Pendapat (Hearing) bersama mitra kerja komisi 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang pada Rabu (08/09/2021) diruang rapat Komisi 1. Komisi 1 DPRD menanyakan realisasi kegiatan fisik dan Non fisik serta progresnya hingga saat ini.

“Tentunya sebagai mitra komisi 1 kita mengundang Dinas Dikbud melakukan hearing terkait realisasi anggaran dan progres pekerjaan dan kegiatannya. Diketahui dari hearing tadi realisasi anggaran ada yang sudah mencapai 60-80 persen pada masing-masing kontrak pekerjaan fisik,” ujar ketua komisi 1 DPRD Ansori M yang juga memimpin rapat pada hearing tersebut.

Ansori M menambahkan komisi 1 DPRD Kabupaten kepahiang menyarankan agar kegiatan fisik tetap mempertimbangkan kualitas meski dikejar tenggat waktu dan pelayanan pendidikan tetap maksimal walaupun saat ini masih dimasa PPKM.

“Masukan kita dari komisi 1 supaya mereka itu meningkatkan pengawasan dan juga pekerjaan fisik berupa rehab bangunan mesti berkualitas serta pelayanan pendidikan walaupun dimasa PPKM tetap maksimal,” ungkapnya.

Pada bagian lain Wakil Ketua Komisi 1 Haryanto,S.Kom.MM menyoroti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI (Permendikbudristek) RI Nomor 6 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler.

“Terkait Permendikbudristek tersebut yang menghentikan dana BOS disekolah yang muridnya kurang dari 60 siswa selama tiga tahun terakhir, harus kita sikapi. Karena, berdasarkan koordinasi kita tadi banyak SD dan SMP di Kabupaten Kepahiang ini muridnya tidak sampai 60 orang,” sampai Haryanto,S.Kom.MM

Haryanto menambahkan hal ini harus disikapi serius, karena jika peraturan ini berlaku maka ada beban daerah untuk menganggarkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah.

“Dikbud sudah menyurati Kemendikbudristi terkait hal ini, tapi jika peraturan ini berlaku mau tidak mau suka tidak suka kita harus menganggarkan BOS daerah untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar disekolah yang muridnya kurang dari 60 tadi,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang Nining Fawely Pasjhu,S.Pt.MM mengatakan berterima kasih atas support yang diberikan Komisi 1 DPRD Kabupaten Kepahiang.

“Alhamdulillah hearing hari ini berjalan lancar dan terima kasih atas support Komisi 1 DPRD karena telah menjalankan fungsi mereka mengawasi kinerja kami baik pekerjaan fisik maupun non fisik agar memacu kinerja kami lebih baik lagi,” sampai Nining didampingi jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.

Diketahui hadir dalam rapat Sekretaris Komisi 1 Franco Escobar,S.Kom dan anggota Komisi 1 yang terdiri dari Anudin S,Sos,Taswin Nata Diningrat serta Nyimas Tika Herawati. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here