Musrenbangcam Penyusunan RKPD Tahun 2022 Sukses Digelar di Kecamatan Tebat Karai

0
297 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2022 Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang, Bengkulu yang terdiri dari 13 desa dan 1 kelurahan sukses digelar di Aula Gedung Serbaguna Desa Taba Air Pauh, Selasa (23/02/2021) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adapun penyelenggara Musrenbangcam adalah pihak kecamatan dan Bappeda.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten II Sudarno Kusuma SKM, MM yang mewakili Bupati Kepahiang. Dalam sambutannya beliau berpesan dalam acara Musrenbang untuk tetap memprioritaskan kegiatan pembangunan berdasar kebutuhan atau kepentingan masyarakat bersama, tidak berdasar keinginan pribadi.

“Seperti disampaikan, Musrenbang bukan lagi suatu hal yang baru bagi kita. Tapi paling tidak disini kita harus sama-sama satu arah, satu tujuan, satu pemahaman sehingga dapat menghasilkan kesepakatan yang positif bagi Kabupaten Kepahiang maupun bagi Kecamatan Tebat Karai khususnya,” ujar Sudarno.

Ditambahkannya bahwa hasil dari Musrenbang seluruh kecamatan nantinya akan disampaikan ke musren Kabupaten pada tanggal 10 Maret mendatang. Dan hasil dari kabupaten akan dilanjutkan ke musren provinsi, sehingga terjadilah kesinambungan dalam pelaksanaannya.

Disampaikan Kepala Bappeda Feri Irawan, ST proses Musrenbangcam ini merangkum hasil Musrenbangdes atau masukan dari desa/kelurahan sekecamatan berdasarkan skala prioritas. Masukan tersebut juga sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan (RPK) yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kepahiang tahun 2022.

“Adapun tujuan dalam pelaksanaan musrenbang ini kita akan membahas dan menyepakati susunan rencana kegiatan pembangunan di desa maupun kelurahan yang menjadi prioritas pembangunan di wilayah kecamatan dan belum tercakup dalam kegiatan prioritas pembangunan desa,” ujar Feri.

Camat Tebat Karai Mirwan Sayuti, SH., MH berharap bahwa apa yang menjadi kekurangan dari pembangunan yang ada di Kecamatan dapat dibantu atau diakomodir sepenuhnya.

“Harapannya dalam acara musrenbangcam yang mengusung tema pemulihan ekonomi dan peningkatan daya saing daerah melalui optimalisasi sumber daya alam dan sumber daya manusia ini agar kekurangan yang ada di Kecamatan Tebat Karai dapat dibantu sepenuhnya melalui rangkaian kegiatan Musrenbang yang selanjutkan akan dirangkum dan dibawa ke Kabupaten,” sampai Mirwan.

Acara diakhiri dengan penunjukan delegasi yang akan mewakili hasil musren kecamatan ke tingkat Kabupaten sekaligus dilakukan penandatangan berita acara.

Turut hadir pada giat tersebut selain Asisten II Bupati Kepahiang, yakni: Kepala Bappeda beserta jajarannya, Kapolsek Kecamatan Tebat Karai, Camat Tebat Karai, anggota DPRD Kabupaten Kepahiang, Koramil, Kepala OPD, para kepala desa dan lurah, para tokoh masyarakat, tokoh perempuan beserta peserta Musrenbangcam lainnya dan menghadirkan beberapa narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepahiang, Dinkes Kepahiang, Disparpora Kepahiang, Dinas PUPR, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kepahiang, BPBD Kepahiang, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kepahiang, serta Dinas Pertanian Kepahiang. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here