Manjat Pohon Demi Belajar Online, Masyarakat Desa Sosokan Baru Keluhkan Akses Signal pada Darmawansyah

0
195 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang – Bertempat di salah satu halaman rumah warga di Desa Sosokan Baru, Kecamatan Muara Kemumu. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu daerah pemilihan V Kabupaten Kepahiang, Ir. H. Darmawansyah, MT., menggelar kegiatan reses masa sidang ke-III tahun 2021, Kamis (07/10/2021).

Mengingat masih dalam keadaan pandemi, acara reses berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Adapun pelaksanaan reses dengan mengundang beberapa masyarakat dari Desa Sosokan Baru, Desa Sosokan Taba, Desa Batu Kalung, Desa Batu Bandung dan Desa Talang Tige.

Dalam reses tersebut banyak keluhan yang disampaikan masyarakat, seperti buruknya jalan lingkungan di Desa Batu Kalung, informasi terkait jalan Tol, permasalahan air bersih di Desa Sosokan Baru dan Desa Batu Bandung, pembangunan bak sampah, ibu-ibu majelis taklim hingga minimnya akses jaringan/signal didaerah tersebut.

“Selaku msyarakat Desa Batu Kalung, kami sudah sangat menderita dengan keadaan jalan lingkungan ini. Jadi mohon sangat diperhatikan. Kemudian perihal sampah di sepanjang jalan lintas dekat kantor camat, terasa sangat mengganggu pak. Sehingga kami mengusulkan untuk dibuatkan bak Sampah,” sampai Iyon.

Tidak hanya itu, masih masuk dalam kategori desa terisolir Enti mewakili masyarakat desa setempat mengeluhkan akses signal disamping permasalahan lainnya.

Sesi diskusi penyampaian aspirasi

“Pak, kegiatan sekolah sekarang semuanya online dan sangat butuh jaringan internet. Terkadang anak-anak kami disini sampai memanjat pohon untuk berjuang mencari signal. Jadi kami mohon bantuan didirikan tower sehingga jaringan internet didesa ini lebih bagus,” ungkapnya.

Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat, Darmawan pun memetakan kembali mana masalah yang harusnya menjadi kewenangan Kabupaten ataupun provinsi serta solusi akan permasalahan yang ada.

“Disini kami mewakili masyarakat Kabupaten Kepahiang untuk menampung segala aspirasi yang disampaikan. Sebagai wujud pertanggungjawaban, kami akan memperjuangkan apa yang sudah seharusnya menjadi kewenangan Provinsi,” ujar Darmawan.

Menanggapi perihal sampah, Darmawan pun mencetuskan ide dengan dibuatnya Depo Sampah di tiap Kecamatan.

“Jadi disana nanti bisa dipilah sampahnya. Namun itu belum terealisasi di Bengkulu. Dan semoga desa disini melalui dana desa dapat mewujudkannya,” usul Darmawan.

Peserta Reses

Terkait masalah infrastruktur, Darmawan juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memperjuangkan aspirasi tersebut.

“Memang tidak bisa cepat, karena akan di usulkan dulu. Namun kita tidak diam, karena kita terus bergerak untuk itu,” pungkas Darmawan.

Sebagai tokoh masyarakat, Safron selaku Kadus mewakili Kepala Desa Sosokan Baru menyampaikan ucapan terima kasih telah melakukan reses dengan tujuan untuk menampung aspirasi warga Sosokan Baru.

“Terimakasih kepada bapak Darmawansyah yang sudah menyempatkan waktu melakukan reses di desa Sosokan baru dan menampung aspirasi warga,” ujar sampainya.

Camat Muara Kemumu

Hal serupa di sampaikan Camat Muara Kemumu, Devison.

“Silahkan masyarakat sampaikan aspirasi, saran maupun kritik kepada bapak dewan. Namun bukan berarti semua aspirasi dapat direalisasikan. Karena Dewan Provinsi itu juga punya tanggungjawab dan kewenangan di Provinsi, jika yang diusulkan kewenangan Kabupaten tentu tidak bisa,” jelas Camat.

Tampak hadir dalam giat Sekretariat Provinsi Bengkulu, DPD Partai Golkar Kabupaten Kepahiang, Kepala Desa Sosokan Baru dan yang mewakili, Camat Muara Kemumu beserta jajaran, Babinsa, Bhabinkamtibnas, tokoh masyarakat dan warga peserta reses. (San)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here