Ide Cerdas Kabid Dikdas: Lakukan Aksi Perubahan Penguatan Karakter Anak Dimasa Pandemi

0
252 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang – Dimasa sulit pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak hanya aspek kesehatan dan perekonomian saja yang terkena imbasnya, melainkan juga dunia pendidikan. Sudah hampir setahun lamanya, proses pembelajaran harus dilakukan jarak jauh atau secara daring. Dan hal tersebut tentunya menimbulkan polemik tersendiri, khususnya pendidikan karakter bagi peserta didik.

Berangkat dari kekhawatiran tersebut, Kabid Dikdas Dikbud Kabupaten Kepahiang Nining Pawely Pasju, S. Pt. membuat suatu gebrakan dengan mengadakan Diseminasi aksi perubahan penguatan pendidikan karakter bagi SD dan SMP di Kabupaten Kepahiang sekaligus launching youtube channel Dinas Dikbud yang digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (03/05/2021) pukul 09.15 WIB.

“Ide ini diambil karena melihat pendidikan yang ada di Kabupaten Kepahiang, khususnya pendidikan karakter mengingat proses pembelajaran yang dilakukan jarak jauh. Sehingga saya berpikir, bagaimana caranya nanti guru-guru mempunyai alat atau bahan yang menarik seperti penggunaan video animasi untuk mengajarkan pendidikan karakter, sehingga mudah dipahamai, dan ditangkap oleh siswa siswi,” terang Nining.

Aksi perubahan yang dicetuskan Kabid Dikdas Dikbud itupun disambut baik oleh Asisten Bupati Hera Aryani, S. Sos.

“Ini adalah ide ‘Cerdas’ menurut saya, karena melakukan aksi perubahan dengan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” sampai Hera.

Beliau juga berharap aksi perubahan ini bisa benar-benar diterapkan, sehingga penguatan karakter bagi peserta didik di Kepahiang dapat terwujud.

Ditambahkan Kadis Dikbud Dr. Hartono.Mpd yang juga mendukung atas dilaksanakannya Bidang Dikdas terkait Diseminasi Aksi Perubahan Pendidikan Karakter, karena menurutnya kualitas karakter merupakan salah satu aspek untuk membangun Generasi Emas dimasa mendatang.

“Nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Pendidikan ini harus mulai kita ajarkan hingga menjadi suatu budaya dan karakter bangsa Indonesia,” sampai Hartono.

Acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dan turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono.Mpd., Asisten Bupati Hera Aryani, S. Sos, Kabid Dikdas Dikbud Nining Pawely Pasju, S. Pt., Kabid PlS Suryani, S.Pd., Kabid Pembina Ketenangan Zikrullah, S.Pd., dan 50 peserta dari beberapa perwakilan guru SD dan SMP se-Kabupaten Kepahiang. (Din/San)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here