Gubernur Rohidin: Pariwisata Bangkit, Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat

0
136 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Bengkulu – Pariwisata menjadi tonggak utama kemajuan suatu daerah. Ketika sektor pariwisata didorong berkembang maju tentu akan menggerakkan perekonomian di daerah. Sehingga membawa multiplier effect bagi industri. Seperti transportasi, kuliner, hingga perhotelan.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan Bengkulu memiliki potensi yang besar pada sektor pariwisata, mulai dari sisi wisata alam, hingga sisi wisata sejarah dengan nilai histori yang kuat.

“Kita yakin, dengan tema ‘Natural Bengkulu’ yaitu wisata berbasis alam dan kultur budaya yang sangat kaya di Bengkulu, akan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung,” ujar Rohidin usai meresmikan kolaborasi promosi pariwisata antara Pemprov Bengkulu dengan PT. Angkasa Pura II di ruang tunggu Bandara Fatmawati, Selasa (29/6).

Lebih lanjut, menurut Rohidin mengembangkan pariwisata perlu kolaborasi semua pihak. Sehingga nilai promosinya dapat lebih luas menjangkau khalayak. Apalagi sekarang dibantu akan kemajuan teknologi informasi, sehingga pariwisata cepat dikenal hanya lewat media sosial.

“Pemanfaatan ruang sebagai langkah promosi wisata tentu sangat bagus, Bandara menjadi salah satu pintu masuk yang memiliki intensitas tinggi. Sehingga, dengan hadirnya foto ataupun mural objek wisata yang ada di Bengkulu menjadi papan informasi bagi wisatawan akan kekayaan wisata di Bengkulu,” terang Gubernur.

Terakhir, Rohidin berharap langkah ini tentu tidak hanya berhenti di sini (promosi), namun juga perlu meningkatkan atraksi, kemudian aksesibilitas, dan yang lebih penting adalah bagaimana mengedukasi masyarakat sadar akan wisata. Sehingga pariwisata dapat bangkit lebih cepat menuju Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat.

“Tidak hanya batas ini (promosi), kita akan tingkatkan hingga sisi aksesibilitas dan atraksi wisata, begitupun sisi edukasi masyarakat sadar wisata. Sehingga, ke depan timbul kesan bahwa Bengkulu indah wisatanya, nyaman bersama masyarakatnya. Dan tentu setelah itu, perekonomian akan bangkit,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Assistan Manager of Airport Maintenance Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu Waldy Dapuansyah mengungkapkan PT. Angkasa Pura sangat mendukung kemajuan pariwisata khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Kita sangat mendukung kemajuan pariwisata di Bengkulu, untuk itu disiapkan ruang pada setiap dinding Bandara Fatmawati sebagai langkah promosi wisata daerah mulai dari terminal kedatangan hingga ruang tunggu bandara,” jelas Waldy.

Terpisah disampaikan oleh pembina komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bengkulu Krishna Gamawan. Pengambilan tagline baru untuk pariwisata Bengkulu sangat tepat sekaligus jadi semangat bangkit.

Ia menilai, Bengkulu yang kaya akan unsur kebudayaannya menjadi pembeda dari daerah-daerah lain.

“Tarikannya dari kebudayaan kita yang kompleks kemudian alamnya. Jika hanya bicara di sisi alam tentu masih banyak saingan berat kita,” jelas bang Kris sapaan akrabnya.

Krishna yang juga merupakan Ketua DPD ASPPI Bengkulu ini mendorong dan siap berkolaborasi dengan pemerintah agar perekonomian kembali bangkit kendati pandemi Covid-19 masih melanda.

“Teman-teman komunitas siap berkolaborasi dan membantu pemerintah. Yang jelas saat ini GenPI sendiri yang memang sudah diamanatkan oleh mas Menteri Sandi (Menteri Pariwisata RI) pasca #Netas di Jogja bulan lalu untuk membantu di sisi promosi wisata di daerah,” jelas Krishna. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here