Ciptakan Lulusan yang Mampu Bersaing di Dunia Kerja, SMK Negeri 1 Kepahiang Mulai Lakukan UKK

SemarakPost.Com | Kepahiang – Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Kepahiang berjalan lancar, kondusif dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dijadwalnan UKK akan berlangsung selama 3 hari, dimulai pada Selasa (06/04/2021) sampai dengan Kamis (8/04/2021).

Tercatat 50 siswa SMK N 1 Kepahiang dengan rincian 29 laki-laki dan 21 perempuan yang mengikuti UKK pada tahun ini.

Waka Kurikulum Eka Rita, S. Pd.

“Totalnya ada 50 siswa dan diikuti oleh 3 program keahlian yaitu Jurusan Instalasi Listrik dengan 19 siswa, Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dengan 9 siswa dan Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan 22 siswa,” jelas Kepala Sekolah Bambang Bambang Suwondo, S. Pd melalui Waka Kurikulum Eka Rita, S. Pd.

Proses pelaksanaan UKK sendiri dilihat dan diuji oleh beberapa penguji baik pihak internal sekolah maupun pihak eksternal yang memang ahli dibidangnya. Terlihat para peserta didik sangat serius mengerjakan materi UKK yang telah diberikan.

Seperti yang disampaikan Broto Sugito selaku penguji eksternal jurusan instalasi listrik di SMK N 1 Kepahiang menyatakan jika pelaksanaan berlangsung lancar tanpa kendala yang berarti.

“Dari pengamatan saya gurunya bagus dan muridnya juga semangat, serius dalam mengerjakannya. Kemampuan siswa sendiri sudah dalam kategori bagus, kalau dari 100% ini sudah 70%,” ujar Broto.

Untuk UKK jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) pihak sekolah menghadirkan pengawas eksternal dari PT Tata Pola Bengkulu yaitu Zalius ST, dan M Fadli Prayogi S.A.

Dalam keterangannya Zalius berharap agar kedepannya minat anak-anak muda pada dunia arsitek lebih banyak dari tahun ini, setidaknya terdapat 20 orang dalam 1 kelas. Karena menurutnya, peluang kedepan untuk lapangan kerja sebagai arsitek itu lebih besar dan semakin luas. Ditambahkannya, untuk pemahaman siswa sendiri, Zalius menyampaikan perkembangan peserta didik khususnya jurusan arsitek di SMK N 1 Kepahiang sejauh ini sudah cukup baik.

“Selama pengawasan dasar pemahaman siswa-siswi sudah mulai ada, namun belum begitu mendalam. Hal tersebut dapat kita maklumi, karena mereka mengalami kesulitan disebabkan sebelumnya pembelajaran dilakukan secara Daring,” ujar Zalius.

Dengan dilaksanakannya UKK, pihak SMK Negeri 1 Kepahiang pun berharap dapat mencetak alumni yang mampu bersaing di dunia usaha dan industri.

“Harapan kami disekolah ini semoga kemampuan anak-anak bisa terukur dan teruji sehingga bisa di aplikasikan ke lapangan kerja nantinya,” tutup Eka Rita, S. Pd. selaku Waka Kurikulum.

Untuk pelaksanaan UKK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) akan mulai dilaksanakan pada Rabu (07/04/2021. (Nik/San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *