Bukan Investasi Bodong, Sekarang Sampah Bisa Jadi Uang. Bhabinkamtibnas Polsek Kepahiang Luncurkan Bank Sampah

0
209 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang – Salah satu permasalahan yang masih menjadi PR bagi masyarakat Indonesia adalah sampah, begitu halnya dengan yang terjadi di Kabupaten Kepahiang.

Terlebih kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya menyebabkan tumpukan sampah kerap menyumbat saluran air hingga tak jarang mengakibatkan banjir.

Bermula dari permasalahan tersebut, salah satu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kepahiang, Bripka Wiwin,S.Sos, akhirnya memunculkan terobosan baru dengan membuat Bank Sampah Sumber Barokah di desa binaannya.

“Ide ini bermula dari keluhan masyarakat, dimana tiap musim penghujan tiba tumpukan sampah selalu menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir,” ungkap Wiwin.

Sebagaimana diketahui Bank Sampah merupakan kegiatan dimana masyarakat mengumpulkan sampah bernilai ekonomis, sehingga melalui Bhabinkamtibnas sebagai perpanjangan tangan dapat menggerakan ekonomi dan memotivasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kapolres Kepahiang AKBP SUPARMAN S. I. K. M.A.P melalui Kapolsek Kepahiang AKP Kadi Karjito mengapresiasi ide tersebut serta mengatakan, melalui Bank Sampah, setiap warga akan dibayar sesuai nilai ekonomi dan berat timbangan dari sampah yang mereka setorkan.

“Setelah ditimbang sampah kemudian dikalkulasikan dengan rupiah, warga dapat langsung mengambil uang atau bisa ditabung. Sebagai bukti, nantinya petugas akan memberikan kartu tabungan kepada masyarakat yang menabung” ujar Kapolsek.

Beliau berharap, dengan keberadaan Bank Sampah dapat mendukung program pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan budaya bersih di Kabupaten Kepahiang. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here