9 Desa di Kabawetan Siap Gelar Pilkades, PMD Adakan Sosialisasi

0
57 Kali dibaca
Bagikan

SemarakPost.Com | Kepahiang Pilkades serentak tahun 2021di Kabupaten Kepahiang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD melakukan sosialisasi bagi desa yang akan menggelar Pilkades di Kecamatan Kabawetan, Senin (2/08/2021) di Aula Hotel Umroh Kepahiang.

Adapun 9 Desa di wilayah Kecamatan Kabawetan yang akan menggelar Pilkades yaitu Desa Babakan Bogor, Desa Bandung Baru, Desa Bandung Jaya, Desa Mekar Sari, Desa Sido Makmur, Desa Sido Rejo, Desa Sumber Sari, Desa Tangsi Duren, dan Desa Tugu Rejo.

Tujuan dilakukannya sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman terutama tentang peraturan, serta terkait keamanan ketertiban masyarakat sebelum penyelenggaraan Pilkades.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Kepahiang mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang.

Dalam arahannya, Kadis PMD Ir. Ris Irianto, M.Si menyampaikan kepada peserta agar sekiranya dapat memahami serta benar-benar menjalankan Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang dalam pelaksanaan Pilkades kelak.

Beliau mengatakan “Bunyi dari Perda sangat jelas, Oleh karena itu diharapkan kepada Panpel Pilkades tetap mempedomani, pelajari isi Perda dimaksud dan seluruh penyelenggara dimasa pandemi tetap mematuhi Prokes dalam bekerja nanti,” demikian Ris.

Pemateri dari Kejari Kepahiang diwakili Kasi Datun Erwina Mea Dimatnusa, SH, MH dalam paparannya menjelaskan Peran kejaksaan dalam pelaksanaan Pilkades Kepada penyelengara kegiatan.

“Dalam pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang wajib melaksanakan seluruh tahapan Pilkades sesuai mekanisme, aturan, peraturan yang ada agar tercapai pemilihan secara demokratis,” terang Kasi Datun.

Kapolres Kepahiang diwakili Kasat Binmas AKP Ahmad Suhada menyampaikan bahwa Keamanan Ketertiban Masyarakat menjadi prioritas bagi Polri.

“Dalam hal ini Polres Kepahiang untuk menjaga, mengawasi pelaksanaan kegiatan pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Kabawetan agar tercipta Pilkades Damai, Aman, Sejuk, Tertib dann Kondusif. Sehingga hasil Pemilihan akan memuaskan bagi semua lapisan,” sampainya.

Berjalannya kegiatan sosialisasi masih dipandu oleh tiga moderator internal dari Dinas PMD Kabupaten Kepahiang. Dan pada pelaksanaannya, giat dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti pemateri (Narasumber) dan peserta diwajibkan memakai masker, cuci tangan, cek suhu tubuh, dan menjaga jarak dikarenakan situasi masih dalam masa pendemi Covid-19. (Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here