Jelang Ramadan, Stok Sapi Potong “Overload”

0
332 Kali dibaca
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.
Bagikan
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.

SemarakPost.comDinas Pertanian Kabupaten Kepahiang menjamin ketersediaan sapi potong jelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 2018. Hingga kini, stok sapi potong di wilayah Kabupaten Kepahiang mencapai 198 ekor. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 120 ekor. Hal ini diungkap Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, Kamis (4-5-2018).

“Menghadapi bulan puasa dan lebaran tahun ini, stok sapi potong yang kita miliki sudah overload (Melebihi target),” ungkap pria yang sering disapa Juragan ini.

Dijelaskan, kebutuhan sapi potong selama bulan puasa biasanya 2 ekor per hari. Sedangkan H-2 Labaran Idul Fitri biasanya kebutuhan sapi potong mencapai 80 ekor.
“Tahun lalu kebutuhan 120 ekor. Tahun ini stok yang kita miliki mencapai 198 ekor. Lebaran tahun bertepatan musim panen kopi,” ujar Juragan.

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Kepahiang tidak perlu kHawatir kekurangan daging sapi. Sapi simental, brahman cros, dan Limousin, tersebar di 4 Kacamatan. Meliputi Kecamatan Kabawetan, Kepahiang, Merigi dan Ujan Mas.
“Terbanyak di Kecamatan Kabawetan, Kepahiang, Merigi dan Ujan Mas,” kata Hernawan.

Menurutnya, untuk menjaga agar sapi tetap sehat, petugas kesehatan hewan secara rutin mengecek kondisi kesehatan sapi.
“Kesehatan sapi merupakan hal yang utama. Makanya petugas kesehatan hewan rutin meriksa kesehatan sapi yang kita punya,” ujarnya.(BBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here