Hidayattullah : Pendidikan Jadi Tolak Ukur Kemajuan Daerah

0
693 Kali dibaca
Insvektur upacara, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM
Bagikan
Insvektur upacara, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM.

SemarakPost.comUpacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018, di Kabupaten Kepahiang berlangsung khidmad.
Upacara digelar Rabu (2-5-2018) pukul 08.30 WIB dilapangan Kantor Pemda Kepahiang. Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM, bertindak sebagai insvektur upacara. Atraksi musik tradisional Gaung Begeming menambah semarak peringatan hardiknas kali ini.

Upacara diikuti, Wakil Bupati Kepahiang Neti Herawati SSos, Sekda Zamzami Zubir SE MM, Wakil Ketua II DPRD Kepahiang Saprudin, Wakapolres Kompol Rudi SH, Kasi Intel Arya Masepa SH MH, Danramil Kapten Botani, pimpinan OPD dan FKPD serta segenap insan pendidikan dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.

 

Bupati bersama OPD dan FKPD.

Bupati menyampaikan bahwa pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu daerah. Makanya dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten, APBD Kota telah dialokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar 20 persen. Hal itu sesuai amanat undang-undang.
“Negara sudah mengalokasikan anggaran APBN dan APBD 20 persen untuk pendidikan. Ini bukti saking besarnya perhatian pemerintah untuk dunia pendidikan,” sampai Bupati usai upacara.

Bupati dan Istri bersama Kadis Dikbud dan jajaran.

Dikatakan, pendidikan mutlak diperlukan. Daerah yang mau maju, ada atau tidaknya sumber daya alam, tapi pendidikan menjadi hal yang utama.
“Kita lihat Bali, Singapura, kan tidak punya sumber daya alam disana. Tapi mereka bisa maju karena pendidikan,” kata Bupati.

Atraksi musik tradisional Gaung Begeming.

Untuk memotivasi guru yang bertungas di daerah terpencil, sambung Bupati, Pemkab Kepahiang melalui Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kabupaten Kepahiang, dalam rangka Hardiknas hari ini juga menyerahkan 2 unit motor tril. Motor-motor tril itu diserahkan kepada Kepala SDN 7 dan SDN 8 Kecamatan Muara Kemumu.
“Bantuan motor tril ini merupakan upaya kita untuk merangsang guru yang bertugas di daerah terpencil. Seperti Desa Langgar Jaya, Air Punggur, Damar Kencana dan daerah terpencil lainya. Tapi, kita berikan secara bertahap, maunya saya setiap tahun kita kasih, supaya guru semangat,” ujar Bupati.

Paduan suara.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kerja keras dan satukan tekad memajukan pendidikan dan kebudayaan. Menurutnya Indonesia kaya akan budaya. Lestarikan dan kembangkan.
“Cita-cita pendidikan bisa diwujudkan dengan kerja keras. Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia harus dilakukan secara terencana dan terukur. Tanggung jawab pendidikan melalui satuan pendidikan yang satu hati dan satu rasa.
Insan pendidikan teruslah bekerja keras majukan dunia pendidikan,” tutur Bupati.

Dibagian lain, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Dr Hartono menyampaikan harapanya untuk kemajuan pendidikan kedepan.
“Guru kita harapkan dapat meningkatkan kinerja agar mutu dan kualitas pendidikan lebih baik lagi,” singkat Hartono.
(BBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here