Ketua Komisi II Hadiri Gemapatas 1 Juta Patok Seluruh Indonesia

 

SEMARAK POST | KEPAHIANG – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepahiang Hamdan Sanusi, S.Sos menghadiri kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) yang diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang di Desa Ujan Mas Bawah pada Jum’at, (03/02/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gemapatas 1 Juta Patok yang diselenggarakan oleh Kementerian ATR/BPN RI secara serentak di seluruh Indonesia, dan menjadi catatan pada Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Berpusat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB itu dilaksanakan secara daring untuk selanjutnya dilakukan pemasangan tanda batas tanah di masing-masing daerah seluruh Indonesia.

Disampaikan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang Romeli Santiago, S.SiT., M.H. bahwasanya Kabupaten Kepahiang ditetapkan dari keseluruhan patok sebanyak 500 patok yang saat ini dilaksanakan di Desa Ujan Mas Bawah, Kecamatan Ujan Mas.

Dia mengatakan tujuan Gemapatas adalah upaya menggerakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memasang serta menjaga tanda batas tanahnya.

“Dengan dipasangnya patok tanda batas masing-masing pemiliki tanah diharapkan dapat meminimalisir konflik maupun sengketa batas tanah antar masyarakat,” terang Romeli Santiago.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepahiang mengucapkan terima kasih kepada BPN Kepahiang atas ditunjuknya Desa Ujan Mas Bawah sebagai daerah perwakilan pelaksanaan Gemapatas 1 Juta Patok Serentak Seluruh Indonesia.

“Saya bersyukur kegiatan ini dilaksanakan di desa kelahiran saya Desa Ujan Mas Bawah. Terima kasih dengan adanya program ini diharapkan kedepannya dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus sertifikat tanah, baik dalam hal administrasi ataupun persyaratan lainnya,” ujar Hamdan Sanusi.

Pada kesempatan itu pula eks anggota Pansus pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Kepahiang tersebut mengatakan, dengan telah disahkannya Perda RTRW Kabupaten Kepahiang Tahun 2022-2042 diharapkan dapat mempermudah BPN Kabupaten Kepahiang dalam melaksanakan pelayanan masyarakat terkait pengurusan tanah baik tanah bangunan, perkebunan dan sektor lainnya. (RLS )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *