Dukung Wartawan Kompeten, Kapolres Bengkulu Utara Support UKW SMSI-UPDM

SEMARAK POST | KEPAHIANG РKapolres Bengkulu Utara Polda Bengkulu AKBP Andy Pramudya Wardana mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu bekerjasama dengan Lembaga Uji Kompetensi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). UKW tersebut, rencananya akan dilaksanakan di Kota Bengkulu, 18-21 Maret 2023 nanti.

Dikatakan Kapolres, dengan mengikuti UKW, maka wartawan akan teruji kompetensinya dan mendapat legitimasi dari lembaga uji yang ditunjuk Dewan Pers. Selain itu, Kapolres juga sangat mendukung dengan semakin banyaknya wartawan yang mengikuti UKW, maka akan meningkatkan produk jurnalistik yang profesional dengan mematuhi rambu-rambu yang ada, diantaranya kode etik jurnalistik.

Terlebih, wartawan dan media merupakan mitra Polri dalam penyebarluasan informasi.

Hal itu disampaikan Kapolres saat menerima kunjungan Ketua SMSI Provinsi Bengkulu Wibowo Susilo, Ketua SMSI Bengkulu Utara Ismail Yugho, dan Ketua Panitia UKW Angkatan II, Amirul Mukminin, diruang kerja Kapolres, Kamis (9/3/2023) siang.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan UKW dan siap mensupport, karena semakin banyak wartawan yang mengikuti UKW, maka akan semakin meningkatkan kualitas produk jurnalistiknya. Polres Bengkulu Utara akan selalu menjadi mitra wartawan dan media untuk mendukung Polri Presisi,” ungkap perwira melati dua ini.

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo mengatakan, peningkatan kompetensi wartawan merupakan tanggungjawab media yang menaungi wartawan tersebut bekerja. Oleh karena itu, media wajib meningkatkan SDM wartawannya dengan mengikutsertakan wartawan dalam uji kompetensi wartawan dan atau pelatihan peningkatan kompetensi lainnya.

“Pelatihan dan peningkatan kompetensi wartawan tidak harus mengikuti UKW saja, tetapi dapat juga mengikuti berbagai pelatihan lainnya. UKW ini salah satu bentuk menguji apakah wartawan tersebut kompeten berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Dewan Pers melalui penguji lembaga uji yang ditunjuk Dewan Pers. Dengan mengikuti UKW, wartawan akan belajar dan mendalami profesinya sampai menguasainya,” kata Wibowo.

Sementara itu, Ketua Panitia UKW, Amirul Mukminin menambahkan, UKW angkatan II ini merupakan kelanjutan dari UKW angkatan I yang digelar pada 2022 lalu dan merupakan tindaklanjut MoU antara SMSI pusat dengan Lembaga Kompetensi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) atau yang biasa disebut kampus UPDM. Adapun, Lembaga Kompetensi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) merupakan salah satu lembaga uji yang ditunjuk oleh Dewan Pers untuk melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Pelaksanaan UKW sendiri merupakan program rutin tahunan SMSI Bengkulu dalam rangka mendukung Dewan Pers untuk meningkatkan kompetensi wartawan dan meningkatkan kualitas SDM media online, khusunya yang bernaung dibawah SMSI Bengkulu.

“Dari calon peserta yang mendaftar UKW ini, diseleksi ketat oleh lembaga uji dan Dewan Pers terkait syarat administrasi. Dari 125 calon peserta UKW yang mendaftar, saat ini sudah sekitar 80-an yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta UKW. Finalnya tanggal 11 Maret ini jumlah peserta yang lolos sebagai peserta UKW diumumkan,” terang Amirul yang juga pimpinan Mitratoday.com ini.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *