Bupati Kepahiang Terima LHP Kinerja atas Efektifitas Pengelolaan SPBE Secara Virtual

SemarakPost.Com | Kepahiang – Bupati Kepahiang Dr.Ir Hidayatullah Sjahid.MM.IPU bersama Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra,SE.M.Si menerima laporan hasil pemeriksaan atas efektifitas pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan TA 2019 sampai dengan semester 1 tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bengkulu secara daring melalui zoom meeting diruang rapat bupati, Rabu (06/01/2021).

Penandatanganan berita acara penyerahan LHP dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Bengkulu Najmatuzzahrah bersama Bupati Kepahiang Dr.Hidayatullah Sjahid,MM.IPU dan Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra,M.Si.

Disampaikan kepala BPK RI Bengkulu Najmatuzzahrah bahwa dalam laporan hasil pemeriksaan pengelolaan SPBE pada pemerintah Kabupaten Kepahiang dilampirkan rekomendasi diantaranya Pemkab Kepahiang belum mencantumkan rencana strategis pembangunan dan percepatan program SPBE dalam RPJMD Kabupaten Kepahiang selaras dengan rencana induk SPBE Nasional.

Pemkab Kepahiang juga diminta untuk segera berkoordinasi kepada kemenpan-RB dalam membuat dan menetapkan arsitektur SPBE yang mendeskripsikan integrasi proses data dan informasi infrastruktur SPBE, aplikasi dan keamanan SPBE dalam rangka menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi dan selaras dengan rencana arsitektur SPBE Nasional.

Selanjutnya membuat dan menetapkan peta rencana SPBE yang berisi target implementasi SPBE pertahun beserta aktifitas program dan kegiatan yang dilakukan serta membentuk dan menetapkan tim koordinasi pada pemerintah Kabupaten Kepahiang yang diketuai sekretaris daerah untuk memantau, mengarahkan dan evaluasi serta koordinasi kepada tim SPBE nasional yang melibatkan lintas instansi pusat dan pemerintah daerah.

“Kami berharap rekomendasi yang disampaikan dapat segera ditindak lanjuti, dan kepada DPRD Kabupaten Kepahiang dapat membantu serta memantau rekomendasi yang disampaikan. Jika ada hal yang kurang jelas atas rekomendasi tersebut BPK bersama DPRD dapat menggelar rapat konsultasi terkait hal dimaksud,” sampai Najmatuzzahra.

“Jika rekomendasi dimaksud tidak segera diimplementasikan maka dapat mempengaruhi pada efektifitas SPBE terhadap pelayanan masyarakat dimasa yang akan datang” tambahnya.

Bupati Kepahiang Dr Hidayatullah Sjahid setelah menerima LHP BPK RI menyampaikan, terkait regulasi dan kebijakan dalam rangka penerapan SPBE akan segera ditindaklanjuti bersama OPD dan DPRD Kabupaten Kepahiang.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan semua rekomendasi yang diberikan dengan menyusun rencana aksi atau action plan dengan waktu yang diberikan dalam rangka perbaikan tata kelola pemerintahan, dan atas dukungan serta bimbingan dari BPK RI Bengkulu kami mengucapkan terima kasih,” Jelas Bupati.

Sementara itu Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra,M.Si menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimanya laporan hasil pemeriksaan yang disampaikan oleh ibu Najmatuzzahra selaku kepala BPK Perwakilan provinsi Bengkulu.

“Sesuai dengan tugas hak dan kewajiban DPRD dalam hal pengawasan dan penganggaran akan segera berkoordinasi bersama Pemkab Kepahiang untuk mempelajari laporan hasil pemeriksaan kinerja atas efektifitas pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan,” Sampai Andrian Defandra.

Dikatakan Andrian, jika rekomendasi sudah diterima secara fisik maka DPRD akan segera menindaklanjuti, DPRD memberikan dukungan terkait penerapan SPBE agar tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat menjadi lebih baik sebagai bagian dari upaya menciptakan pemerintahan yang good government.

“Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara terpadu dan bersinergi sesuai rencana induk SPBE nasional merupakan implementasi atas Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE sebagai pedoman bagi instansi pusat dan pemerintah daerah”, Pungkasnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *