Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
864 Kali dibaca
Bantuan Sembako Pemkab Kepahiang Mulai Dibagikan
Bagikan
Penyaluran sembako secara simbolis dari Bupati kepada Camat Ujan Mas

SemarakPost.com | Kepahiang Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, telah menyalurkan Bantuan Jaringan Pengamanan Sosial (Bantuan Sembako) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Kepahiang.

Pelepasan truck pengangkut bantuan

Bantuan sembako ini merupakan bantuan dari Pemkab Kepahiang melalui gugup tugas covid-19 Kabupaten Kepahiang.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dari Bupati Hidayat kepada masing-masing Camat se-Kabupaten Kepahiang. Meski demikian ada juga bantuan yang disalurkan langsung oleh Bupati kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Untuk tahap pertama ini kita rencanakan 12 ribu paket, semuanya didistribusikan di semua Kecamatan se-Kabupaten Kepahiang. Jadi data base penerima bantuan ini berasal dari Kepala Desa, yang diketahui oleh Camat dan diverifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang,” ungkap Bupati dalam sambutanya saat seremonial penyerahan sembako secara simbolis kepada para Camat di Bulog Jalur Dua Kecamatan Merigi, Kamis pukul 09.30 Wib (23/4/20).

“Jadi kita tidak mengarang, semuanya By Name Ny Adres. Didatanya ada nama, alamat dan NIK penerima. Ini bantuan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, tidak ada embel-embel politik, dibaliho juga jelas ada foto Bupati dan Wakil Bupati serta Forkompimda,” sambung Bupati.

Bupati juga menjelaskan, bahwa Pemkab Kepahiang telah melakukan refocusing dan realokasi APBD Kabupaten Kepahiang. Tahap pertama sudah bisa
sekitar Rp. 12 Milyar.

“Tapi ini bukan harga mati, kalau perkembangan eskalasi berkembang tentu akan nambah lagi. Kami sudah dapat dari TAPD bahwa anggaran kita bisa saja mencapai hingga Rp. 38 Milyar. Tapi itu harus disesuaikan dengan perkembangan situasi, eskalasinya seperti apa, oleh karena itu saya sangat hati-hati mengalokasikan, merealokasikan dari APBD. Banyak perjalanan dipangkas, termasuk perjalanan dinas saya dipangkas Rp. 500 juta, Wabup dan Sekda juga dipangkas,” terang Bupati.

Dalam hal sembako ini Pemkab Kepahiang bekerjasama dengan Bulog, karena Bupati Hidayat menilai bahwa Bulog profesional.

“Saya yakin Bulog profesional dan harganya tidak tinggi dan kualitas juga bagus. Makanya saya mengajak Bulog kerjasama dengan Pemda Kepahiang. Saya sadar ini uang rakyat,” ujar Bupati.

Dikatakan, bahwa satu paket sembako bernilai Rp. 150 ribu dengan rincian 10 kg beras, satu liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kg tepung terigu dan 1/2 karpet telur. Saat batu 7000 paket yang siap dibagikan. Hari ini akan dibagikan dulu di 3 Kecamatan. Yakni Merigi, Ujan Mas dan Kepahiang.

“Sedangkan untuk 5 Kecamatan lain yakni Kabawetan, Bermani Ilir, Muara Kemumu, Seberang Musi, Tebat Karai, akan dibagikan sesuai kesiapan Bulog untuk mengemas paket sembako. Mungkin dalam beberapa hari kedepan sudah siap,” kata Bupati.

“Bantuan sembako ini untuk menghadapi bulan ramadhan 1441 H, nanti jelang Idul Fitri akan disalurkan lagi,” sambung Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, Ketua DPRD Kepahiang Eindra Purnawan SP, Sekda Zamzami Zubir SE MM, Dandim 0904 RL Letkol Inf Sigit Purwoko, Kapolres Kepahiang AKBP Suparman SIk MAP, Kasi Pidsus Kejari Kepahiang Riky Musriza SH MH, Kadis Sosial Julian Pasla, Kepala BPBD Ir Taufik, kepala OPD dan Camat, serta jajaran Bulog,”(ton)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *