Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
204 Kali dibaca
Benarkah Biji Cabai dan Biji Jambu Bisa Sebabkan Usus Buntu?
Bagikan

Semarakpost.com – Sejak dulu, suah tertanam di pikiran kita bahwa menelan biji cabai atau  biji jambu bisa menyebabkan usus buntu. Tapi benarkan demikian?

Kali ini kita akan ulas hal ini dari berbagai sumber.

Usus buntu atau sebenarnya radang usus buntu adalah penyakit yang memang tidak mematikan, tapi menyebabkan rasa sakit yang tidak terkira.

Usus buntu adalah organ tubuh berbentuk kantung kecil yang menempel pada usus besar. Kantung kecil ini bisa meradang jika ada kotoran yang menyumbat di dalamnya.

Rasa sakit biasanya terasa di dekat pusar atau di sisi kanan bawah perut.  Menurut healthyandsmart.blogspot.co.id, penyebab radang usus buntu tidak selalu bisa ditentukan.

Tapi menurut beberapa kasus, usus buntu bisa disebabkan oleh salah masuknya kotoran dan kemudian terjebak dalam usus buntu hingga membentuk lendir yang bertumpuk.

Kotoran atau lendir yang tertangkap itu kemudian akan mengeras dan membuat fecalith (batu tinja) di jalan yang dekat atau akses menuju usus buntu, hingga menyebabkan peradangan atau infeksi.

Nah, peradangan yang disebabkan oleh biji cabai atau biji jambu sebenarnya sangat jarang terjadi.

Bahkan the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine mengatakan, usus buntu yang disebabkan biji cabai bisa terjadi hanya 1 berbanding 2.000 kejadian usus buntu.

Karenanya, biji cabai atau biji jambu bisa menyebabkan usus buntu adalah mitos.     Biji cabai mungkin bisa masuk ke dalam usus buntu, tetapi bisa kembali dikeluarkan melalui feses.

Usus buntu murni disebabkan karena penumpukan bakteri di dalam usus buntu.

Mencegah Usus Buntu

Jadi, jika kita ingin menghindari penyakit radang usus buntu, pastikan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya.

Banyak minum air akan membantu membuang kotoran yang mungkin ada dalam usus buntu sehingga usus selalu bersih dan peradangan bisa dihindari.

 

Sumber: TribunNews.com

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *